CONTOH JURNAL BELAJAR GURU
DALAM PROGRAM BERMUTU
Nama guru :
NUPTK :
Kelompok Kerja : MGMP MATEMATIKA POKJA 06
Kabupaten/kota : GROBOGAN
Provinsi : JAWA TENGAH
Meri Program : Training Need Analysis
No | Pertemuan Program BERMUTU | Keterangan/Diskripsi |
1 | Pengalaman berharga/best practices | TNA merupakan pengetahuan dan keterampilan baru bagi saya. Dengan TNA, saya menjadi tahu kompetensi mana yang sudah saya kuasai dan kompetensi mana yang belum dikuasai. Dengan TNA, saya menjadi tahu kebutuhan Diklat bagi saya pribadi dan kelompok kerja , sehingga semua kompetensi yang harus dikuasai dapat dicapai dengan program Diklat yang sesuai dengan kebutuhan. |
2 | Rencana diseminasi | Hasil TNA akan didesiminasikan dengan cara dijadikan program kelompok kerja. TNA akan saya terapkan di sekolah dengan emngajak teman-teman lain yang mengajar mapel yang sama. |
3 | Permasalahan | Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan TNA dan menganalisisnya membutuhkan waktu yang relatif lama. |
4 | Solusi permasalahan | Akan dicari waktu luang di luar jam mengajar untuk melaksanakan kegiatan TNA di sekolah. |
FORMAT JURNAL BELAJAR GURU
DALAM PROGRAM BERMUTU
Nama guru :
NUPTK :
Kelompok Kerja : MGMP MATEMATIKA POKJA 06
Kabupaten/kota : GROBOGAN
Provinsi : JAWA TENGAH
Materi Program : .......................................
No | Pertemuan Program BERMUTU | Keterangan/Diskripsi |
1 | Pengalaman berharga/best practices | |
2 | Rencana diseminasi | |
3 | Permasalahan | |
4 | Solusi permasalahan |
CARA MENGISI JURNAL PESERTA DIDIK
Nama Siswa :
N0 Absen :
Kelas :
Kabupaten/kota : GROBOGAN
Provinsi : JAWA TENGAH
Materi Program : .......................................
URAIAN | DESKRIPSI HASIL BELAJAR |
Pengalaman belajar | Peserta didik menulis secara ringkas pengalaman belajarnya |
Materi yang telah dipahami | Peserta didik menulis topik-topik yang telah dipahaminya |
Materi yang belum dipahami dengan menyebutkan alasan dan kendalanya | Peserta didik menulis topic-topik atau materi yang belum dipahami /kendala dengan menyebutkan alasan, baik berkaitan dengan |
Usaha/cara untuk mengatasinya | Peserta didik menulis cara-cara mengatasi kendala atau hambatan yang dihadapinya, seperti bertanya kepada teman sebaya, guru, orang tua, belajar mandiri, privat les dan lain-lain. |
Upaya pengayaan | Peserta didik menulis kegiatan belajar dari sumber lain ( seperti internet, televisi, ensiklopedi). |
JURNAL PESERTA DIDIK
Nama Siswa :
N0 Absen :
Kelas :
Kabupaten/kota : GROBOGAN
Provinsi : JAWA TENGAH
Materi Program : .......................................
URAIAN | DESKRIPSI HASIL BELAJAR |
Pengalaman belajar | |
Materi yang telah dipahami | |
Materi yang belum dipahami dengan menyebutkan alasan dan kendalanya | |
Usaha/cara untuk mengatasinya | |
Upaya pengayaan |
CONTOH JURNAL BELAJAR PESERTA DIDIK
SMP ....................................
Nama Siswa :
N0 Absen :
Kelas :
Kabupaten/kota : GROBOGAN
Provinsi : JAWA TENGAH
Materi Pelajaran : .......................................
URAIAN | DESKRIPSI HASIL BELAJAR |
Pengalaman mengajar | Saya mereaksikan beberapa macam zat untuk menentuka cirri-ciri reaksi kimia sederhana |
Materi yang telah diajarkan | Bermacam macam perubahan yang tampak setelah 2 zat kimia direaksikan, seperti timbulnya gelembung, berbau, warna berubah, menjadi panas atau dingin |
Materi yang sulit dipahami oleh guru dan atau sulit diajarkan oleh guru dengan menyebutkan alasan dan kendalanya | Saya belum dapat menuliskan perubahan yang saya lihat menjadi sebuah kalimat |
Usaha/ cara untuk mengatasinya | Saya berusaha minta bantuan guru dengan bertanya, tetapi guru malah menyarankan saya untuk berdiskusi dengan teman sekelompok |
Upaya guru dalam pengayaan materi | Saya ingin mencari informasi tentang ciri ciri reaksi kimia, bisa dari buku buku di perpustakaan. |
JURNAL BELAJAR
PESERTA DIDIK
Nama Siswa :
N0 Absen :
Kelas :
Kabupaten/kota : GROBOGAN
Provinsi : JAWA TENGAH
Materi Program : .......................................
URAIAN | DESKRIPSI HASIL BELAJAR |
Pengalaman belajar | · Pada pembelajaran pagi ini pembahasan mengenai kenampakan alam saya merasa senang karena diajak guru untuk belajar diluar ruang kelas untuk mengamati penampakan alam sekitar sekolah. · Pada hari ini saya sangat senang belajar matematika karena saya diberi uang kertas oleh pak guru dan disuruh mengukurnya serta diakhir pembelajaran saya bernyanyi bersama teman-teman tentang menabung. |
Materi yang telah dipahami | · Materi yang telah saya pahami pada pembahasan kenampakan alam adalah kenampakan alam dan kenampakan buatan yang ada di sekitar sekolah. · Sekarang saya lebih paham bagaimana mencari luas persegi panjang dari bangun-bangun datar yang ada di sekeliling. |
Materi yang belum dipahami dengan menyebutkan alasan dan kendalanya | · Pada pembahasan kenampakan alam materi yang belum saya pahami adalah kenampakan alam dan buatan untuk daerah lain, kendala yang dihadapi karena tidak cukup waktu. · Saya belum bisa menghitung luas daerah persegi panjang dalam bentuk soal cerita. kendala yang dihadapi karena tidak cukup waktu. |
Usaha/cara untuk mengatasinya | · Karena waktu yang tidak cukup maka saya mencari sendiri informasi kenampakan alam di daerah lain yang saya inginkan. · Karena saya tidak bisa menghitung luas daerah persegi panjang dalam bentuk cerita, tetapi saya malu bertanya kepada pak guru, maka saya lebih senang bertanya kepada teman. |
Upaya pengayaan | · Saya memperoleh informasi tentang kenampakan daerah lain pada saat saya bertamasya dengan orang tua. · Saya bertanya kepada orang tua dan kakak di rumah. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar