BELAJAR MATEMATIKA DI MGMP

Minggu, 09 Oktober 2011

CONTOH JURNAL BELAJAR GURU

CONTOH JURNAL BELAJAR GURU
DALAM PROGRAM BERMUTU


Nama guru                  :
NUPTK                         :
Kelompok Kerja           :  MGMP MATEMATIKA POKJA 06
Kabupaten/kota          :  GROBOGAN
Provinsi                       : JAWA TENGAH
Meri Program             : Training Need Analysis

No
Pertemuan Program BERMUTU
Keterangan/Diskripsi
1
Pengalaman berharga/best practices
TNA  merupakan pengetahuan dan keterampilan baru bagi saya.

Dengan TNA, saya menjadi tahu kompetensi mana yang sudah saya kuasai dan kompetensi mana yang belum dikuasai.

Dengan TNA, saya menjadi tahu kebutuhan Diklat  bagi saya pribadi dan  kelompok kerja , sehingga semua kompetensi yang harus dikuasai dapat dicapai dengan program Diklat yang sesuai dengan kebutuhan.
2
Rencana diseminasi
Hasil TNA akan didesiminasikan dengan cara dijadikan program kelompok kerja.

TNA akan saya terapkan di sekolah dengan emngajak teman-teman lain yang mengajar mapel yang sama.
3
Permasalahan
Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan TNA dan menganalisisnya membutuhkan waktu yang relatif lama.
4
Solusi permasalahan
Akan dicari waktu luang di luar jam mengajar untuk melaksanakan kegiatan TNA di sekolah.
























FORMAT JURNAL BELAJAR GURU
DALAM PROGRAM BERMUTU


Nama guru                  :
NUPTK                         :
Kelompok Kerja           :  MGMP MATEMATIKA POKJA 06
Kabupaten/kota          :  GROBOGAN
Provinsi                       : JAWA TENGAH
Materi Program          : .......................................

No
Pertemuan Program BERMUTU
Keterangan/Diskripsi

1

Pengalaman berharga/best practices




2


Rencana diseminasi




3

Permasalahan




4

Solusi permasalahan




CARA MENGISI JURNAL PESERTA DIDIK
Nama Siswa                :
N0 Absen                     :
Kelas                            : 
Kabupaten/kota          :  GROBOGAN
Provinsi                       : JAWA TENGAH
Materi Program          : .......................................

URAIAN
DESKRIPSI HASIL BELAJAR
Pengalaman belajar
Peserta didik menulis secara ringkas pengalaman belajarnya 
Materi yang  telah dipahami
Peserta didik menulis topik-topik yang telah dipahaminya
Materi yang belum dipahami dengan menyebutkan alasan dan kendalanya
Peserta didik menulis topic-topik atau materi yang belum dipahami /kendala dengan menyebutkan alasan, baik berkaitan dengan
Usaha/cara untuk mengatasinya
Peserta didik menulis cara-cara mengatasi kendala atau hambatan yang dihadapinya, seperti bertanya kepada teman sebaya, guru, orang tua, belajar mandiri, privat les dan lain-lain.
Upaya pengayaan
Peserta didik menulis kegiatan belajar dari sumber lain       ( seperti internet, televisi, ensiklopedi).







 JURNAL PESERTA DIDIK
Nama Siswa                :
N0 Absen                     :
Kelas                            : 
Kabupaten/kota          :  GROBOGAN
Provinsi                       : JAWA TENGAH
Materi Program          : .......................................
URAIAN
DESKRIPSI HASIL BELAJAR
Pengalaman belajar





Materi yang  telah dipahami



Materi yang belum dipahami dengan menyebutkan alasan dan kendalanya



Usaha/cara untuk mengatasinya




Upaya pengayaan



CONTOH JURNAL BELAJAR PESERTA DIDIK
 SMP ....................................
Nama Siswa                :
N0 Absen                     :
Kelas                            : 
Kabupaten/kota          :  GROBOGAN
Provinsi                       : JAWA TENGAH
Materi Pelajaran        : .......................................
URAIAN
DESKRIPSI HASIL BELAJAR
Pengalaman mengajar
Saya mereaksikan beberapa macam zat untuk menentuka cirri-ciri reaksi kimia sederhana
Materi yang telah diajarkan
Bermacam macam perubahan yang  tampak setelah 2 zat kimia direaksikan, seperti timbulnya gelembung, berbau, warna berubah, menjadi panas atau dingin
Materi yang sulit dipahami oleh guru dan atau sulit diajarkan oleh guru dengan menyebutkan alasan dan kendalanya
Saya belum dapat menuliskan perubahan yang saya lihat menjadi sebuah kalimat
Usaha/ cara untuk mengatasinya
Saya berusaha minta bantuan guru dengan bertanya, tetapi guru malah menyarankan saya untuk berdiskusi dengan teman sekelompok
Upaya guru dalam pengayaan materi
Saya ingin mencari informasi tentang ciri ciri reaksi kimia, bisa  dari buku buku di perpustakaan.




JURNAL BELAJAR
PESERTA DIDIK
Nama Siswa                :
N0 Absen                     :
Kelas                            : 
Kabupaten/kota          :  GROBOGAN
Provinsi                       : JAWA TENGAH
Materi Program          : .......................................
URAIAN
DESKRIPSI HASIL BELAJAR
Pengalaman belajar
·      Pada pembelajaran pagi ini pembahasan mengenai kenampakan alam saya merasa senang karena diajak guru untuk belajar diluar ruang kelas untuk mengamati penampakan alam sekitar sekolah.
·      Pada hari ini saya sangat senang belajar matematika karena saya diberi uang kertas oleh pak guru dan disuruh mengukurnya serta diakhir pembelajaran saya bernyanyi bersama teman-teman tentang menabung.


Materi yang  telah dipahami


·      Materi yang telah saya pahami pada pembahasan kenampakan alam adalah kenampakan alam dan kenampakan buatan yang ada di sekitar sekolah.
·      Sekarang saya lebih paham bagaimana mencari luas persegi panjang dari bangun-bangun datar yang ada di sekeliling.


Materi yang belum dipahami dengan menyebutkan alasan dan kendalanya

·      Pada pembahasan kenampakan alam materi yang belum saya pahami adalah kenampakan alam dan buatan untuk daerah lain, kendala yang dihadapi karena tidak cukup waktu.
·      Saya belum bisa menghitung  luas daerah persegi panjang dalam bentuk soal cerita. kendala yang dihadapi karena tidak cukup waktu.


Usaha/cara untuk mengatasinya

·      Karena waktu yang tidak cukup maka saya mencari sendiri informasi kenampakan alam di daerah lain yang saya inginkan.
·      Karena saya tidak bisa menghitung luas daerah persegi panjang dalam bentuk cerita, tetapi saya malu bertanya kepada pak guru, maka saya lebih senang bertanya kepada teman.


Upaya pengayaan


·      Saya memperoleh informasi tentang kenampakan daerah lain pada saat saya bertamasya dengan orang tua.
·      Saya bertanya kepada orang tua dan kakak di rumah.

1 komentar:

the mahasiswa mengatakan...

saya mahasiswa dari Universitas Islam Indonesia
Artikel yang menarik, bisa buat referensi ini ..
terimakasih ya infonya :)