BELAJAR MATEMATIKA DI MGMP

Senin, 10 Oktober 2011

CONTOH FORMAT SILABUS DAN RPP BERKARAKTER


SILABUS

SEKOLAH                                                       : SMP ............
MATA PELAJARAN                                       : MATEMATIKA
KELAS                                                            : ......                                                                                                               
SEMESTER /TAHUN PELAJARAN                : ..............
STANDAR KOMPETENSI                              : .............................

Kompetensi Dasar
Materi
Pembe lajaran

Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi

PENILAIAN
Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Nilai Karakter
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10























































































































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                              :  SMP ..
Mata Pelajaran                 :  Matematika
Kelas/Semester                 :  IX  /...
Alokasi Waktu                   :  .. x 40 menit ( ..... x pertemuan)

A.      Standar Kompetensi              :
B.      Kompetensi Dasar                   :
C.      Indikator :
-          ....................
-          (+)  Menunjukkan perilaku ....................
                       
D.      Tujuan Pembelajaran            :
-          .........
-          (+)  Mengembangkan perilaku ............................
E.       Materi Pembelajaran :

F.       Metode, Pendekatan, Model Pembelajaran :
Metode       :
Pendekatan               :
Model Pembelajaran             :

G.     Langkah-langkah Pembelajaran        :
1.      Kegiatan Pendahuluan :
a.       Guru masuk ruang kelas tepat waktu (kedisiplinan)
b.       Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa (santun, kepedulian)
c.       Berdo’a dan mendoakan siswa lain yang sedang sakit agar lekas sembuh (kereligiusan, kepedulian)
d.      Mengecek kehadiran siswa (kedisiplinan)
e.      Menanyakan kabar siswa dengan fokus pada mereka yang tidak datang dan/atau yang pada pertemuan sebelumnya tidak datang (kepedulian)
f.        Memberi teguran kepada siswa yang terlambat dengan sopan (kedisiplinan, santun dan kepedulian)
g.       Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran yang diharapkan dicapai oleh setiap siswa (percaya diri, kemandirian)
h.      Guru menginformasikan kepada siswa cara belajar yang akan ditempuh (kemandirian)
i.         Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai – nilai budaya dan karakter bangsa yang sesuai dan akan dikembangkan
Contoh:
Siswa dan guru membahas tentang pengertian data dalam kehidupan sehari – sehari dengan tanya jawab ( demokratis, saling menghargai, berpikir logis dan kritis)

                        dst
2.      Kegiatan Inti     
a.       Eksplorasi . Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
1)      melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema   materi  yang  akan  dipelajari  dengan  menerapkan  prinsip   alam takambang  jadi guru dan belajar dari aneka sumber (mandiri, berfikir  logis, kreatif, kerjasama)
2)      menggunakan  beragam  pendekatan  pembelajaran,   media  pembelajaran,   dan sumber belajar lain (kreatif, kerja keras)
3)      memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan  guru,   lingkungan,  dan  sumber  belajar  lainnya  (kerja  sama,  saling menghargai, peduli lingkungan).
4)      melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran (rasa percaya diri, mandiri)
5)      memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium,  studio,  atau lapangan (mandiri, kerjasama, kerja keras).


b.      Elaborasi. Dalam kegiatan elaborasi, guru :
1)      membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas- tugas tertentu yang bermakna (cinta ilmu, kreatif, logis)
2)       memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis (kreatif,   percaya diri, kritis, saling menghargai, santun)
3)      memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut (kreatif, percaya diri, kritis)
4)       memfasilitasi  peserta  didik  dalam  pembelajaran  kooperatif  can  kolaboratif (kerjasama, saling menghargai, tanggung jawab)
5)      memfasilitasi  peserta  didik  berkompetisi  secara  sehat  untuk  meningkatkan prestasi belajar (jujur, disiplin, kerja keras, saling menghargai)
6)      memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan balk lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok (jujur, bertanggung jawab, percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
7)      memfasilitasi peserta didik  untuk  menyajikan r  iasi; kerja  individual  maupun kelompok (percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
8)      memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan (percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
9)      memfasilitasi  peserta  didik  melakukan  kegiatan  yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik (percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama).

c.       Konfirmasi.  Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1)      memberikan  umpan  balik  positif  dan  penguatan  dalam  bentuk  lisan,  tulisan,  isyarat, maupunhadiah terhadap keberhasilan peserta didik (saling  menghargai,percaya diri, santun, kritis, logis)

2)      memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber (percaya diri, kritis, logis, demokratis)
3)      memfasilitasi   peserta   didik   melakukan   refleksi   untuk   memperoleh pengalaman   belajar   yang   telah   dilakukan   (memahami    kelebihan    dan kekurangan diri sendiri)
4)      memfasilitasi  peserta  didik  untuk  memperoleh  pengalaman  yang  bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a)      berfungsi  sebagai  narasumber  dan  fasilitator  dalam  menjawab  pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,  dengan menggunakan bahasa  yang baku dan benar (kepedulian dan santun)
b)       membantu menyelesaikan masalah (kepedulian)
c)       memberi   acuan   agar   peserta   didik   dapat melakukan   pengecekan   hasil eksplorasi (kritis)
d)      memberi informasi untuk bereksplorasi Iebih jauh (cinta ilmu)
e)      memberikan   motivasi   kepada   peserta   didik    yang   kurang   atau   belum berpartisipasi aktif (kepedulian, percaya diri).

3.      Kegiatan Penutup : Dalam kegiatan penutup, guru:
1)      bersama-sama      dengan     peserta     didik      dan/atau      sendiri      membuat rangkuman/simpulan pelajaran (kemandirian, demokratis,  kritis, logis);
2)      melakukan   penilaian   dan/atau    refleksi   terhadap   kegiatan   yang    sudah dilaksanakan    secara    konsisten    dan    terprogram    (kejujuran-mengetahui kelebihan dan kekurangan, demokratis);
3)      member ikan  umpan  balik  terhadap  proses  dan  hasil pembelajaran  (saling menghargai, percaya diri, santun, kritis, logis)
4)      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,  program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas balk tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
5)      menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.



I.        Sumber Bahan, Media/alat Pembelajaran
Sumber Bahan          :
Media/alat Pembelajaran :

J.        Penilaian Hasil Belajar:

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen





I.        Pedoman Penskoran
No
Jawaban
Skor



















Total skor

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 , sebagai berikut :


Nilai Akhir =     Perolehan Skor   X  Skor Ideal (100)
                                  Total Skor Max
 
 


                                                                               

Pulokulon, ...........
            Mengetahui                                                                Guru Mata Pelajaran
            Kepala Sekolah                                                                                                                       


            .....................................................                               .....................................................
NIP. ...........................................                                  NIP. ...........................................






Tidak ada komentar: