SILABUS
SEKOLAH : SMP ............
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS : ......
SEMESTER /TAHUN PELAJARAN : ..............
STANDAR KOMPETENSI : .............................
Kompetensi Dasar | Materi Pembe lajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | PENILAIAN | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Nilai Karakter | ||
Teknik | Bentuk | Contoh Instrumen | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
| | | | | | | | | |
| | | | | | | | | |
| | | | | | | | | |
| | | | | | | | | |
| | | | | | | | | |
| | | | | | | | | |
| | | | | | | | | |
| | | | | | | | | |
| | | | | | | | | |
| | | | | | | | | |
| | | | | | | | | |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP ..
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX /...
Alokasi Waktu : .. x 40 menit ( ..... x pertemuan)
A. Standar Kompetensi :
B. Kompetensi Dasar :
C. Indikator :
- ....................
- (+) Menunjukkan perilaku ....................
D. Tujuan Pembelajaran :
- .........
- (+) Mengembangkan perilaku ............................
E. Materi Pembelajaran :
F. Metode, Pendekatan, Model Pembelajaran :
Metode :
Pendekatan :
Model Pembelajaran :
G. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan Pendahuluan :
a. Guru masuk ruang kelas tepat waktu (kedisiplinan)
b. Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa (santun, kepedulian)
c. Berdo’a dan mendoakan siswa lain yang sedang sakit agar lekas sembuh (kereligiusan, kepedulian)
d. Mengecek kehadiran siswa (kedisiplinan)
e. Menanyakan kabar siswa dengan fokus pada mereka yang tidak datang dan/atau yang pada pertemuan sebelumnya tidak datang (kepedulian)
f. Memberi teguran kepada siswa yang terlambat dengan sopan (kedisiplinan, santun dan kepedulian)
g. Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran yang diharapkan dicapai oleh setiap siswa (percaya diri, kemandirian)
h. Guru menginformasikan kepada siswa cara belajar yang akan ditempuh (kemandirian)
i. Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai – nilai budaya dan karakter bangsa yang sesuai dan akan dikembangkan
Contoh:
Siswa dan guru membahas tentang pengertian data dalam kehidupan sehari – sehari dengan tanya jawab ( demokratis, saling menghargai, berpikir logis dan kritis)
dst
2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi . Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
1) melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber (mandiri, berfikir logis, kreatif, kerjasama)
2) menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain (kreatif, kerja keras)
3) memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya (kerja sama, saling menghargai, peduli lingkungan).
4) melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran (rasa percaya diri, mandiri)
5) memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan (mandiri, kerjasama, kerja keras).
b. Elaborasi. Dalam kegiatan elaborasi, guru :
1) membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas- tugas tertentu yang bermakna (cinta ilmu, kreatif, logis)
2) memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis (kreatif, percaya diri, kritis, saling menghargai, santun)
3) memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut (kreatif, percaya diri, kritis)
4) memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif can kolaboratif (kerjasama, saling menghargai, tanggung jawab)
5) memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar (jujur, disiplin, kerja keras, saling menghargai)
6) memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan balk lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok (jujur, bertanggung jawab, percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
7) memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan r iasi; kerja individual maupun kelompok (percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
8) memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan (percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
9) memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik (percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama).
c. Konfirmasi. Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1) memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupunhadiah terhadap keberhasilan peserta didik (saling menghargai,percaya diri, santun, kritis, logis)
2) memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber (percaya diri, kritis, logis, demokratis)
3) memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan (memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri)
4) memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a) berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar (kepedulian dan santun)
b) membantu menyelesaikan masalah (kepedulian)
c) memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi (kritis)
d) memberi informasi untuk bereksplorasi Iebih jauh (cinta ilmu)
e) memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif (kepedulian, percaya diri).
3. Kegiatan Penutup : Dalam kegiatan penutup, guru:
1) bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran (kemandirian, demokratis, kritis, logis);
2) melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram (kejujuran-mengetahui kelebihan dan kekurangan, demokratis);
3) member ikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran (saling menghargai, percaya diri, santun, kritis, logis)
4) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas balk tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
5) menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
I. Sumber Bahan, Media/alat Pembelajaran
Sumber Bahan :
Media/alat Pembelajaran :
J. Penilaian Hasil Belajar:
Indikator Penilaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen |
| | | |
I. Pedoman Penskoran
No | Jawaban | Skor |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| Total skor | |
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 , sebagai berikut :
|
Pulokulon, ...........
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
..................................................... .....................................................
NIP. ........................................... NIP. ...........................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar